Skip navigation

Category Archives: Uncategorized

ga jadi mau donload vm clearOS & openerp bitnami

fokus dulu icnd 2 ch ospf di 200-120

Iklan

kita bisa hidup nyaman saat ini. sedangkan di tempat lain, di belahan bumi yg lain ada saudara-saudara kita yg hidup dalam kecemasan yang tak berujung.

sekedar untuk senyum pun mereka tak sanggup

di sini aku belajar. tidak sengaja belajar. belajar untuk tidak langsung ‘menelan mentah-mentah’ informasi yang masuk.

merusak citra rekan kerja dengan membangun opini. menghasut yang dilakukan hampir tiap hari. entah apa yang ada di hati orang tersebut.

kata-katanya manis di awal, namun menyimpan ‘racun’. akan berbeda bila di belakang seseorang.

kemampuan mengambil hati (menjilat) dikombinasikan dengan kepandaian menghasut sukses menjatuhkan nama baik rekan kerjanya.

mungkin ada hikmah di balik ini. mengapa aku bersinggungan dengan hal seperti ini.

kadang (seringnya sih) lupa kalau setelah kehidupan ini masih ada akhirat.

hampir tdk ada yg mengingatkan ttg kehidupan setelah dunia ini. tak banyak dibicarakan, atau diperbincangkan mengenai alam kubur.

minggu2 ini aja sedikit lebih sering mengingat mati karena nonton youtube.

di salah satu video disebutkan bahwa sebenarnya tak banyak kebutuhan manusia di dunia. yg banyak adalah keinginan/nafsu.

pagi tadi lihat sebuah video di fb, yg intinya kira2 adl kewajiban manusia adalah beribadah sdgkan urusan rezeki serahkan sepenuhnya kpd sang Pemberi Rezeki.

tak perlu merisaukan rizki jika kita sudah melakukan kewajiban kita

sudo yum install git cmake intltool libgee-devel gnome-common gtk-doc gtk3-devel libmx-devel clutter-gtk-devel libnotify-devel gcc-c++ vala

git clone https://github.com/engla/keybinder.git

cd keybinder/

git checkout keybinder-3.0

./autogen.sh

make

sudo make install

sudo ldconfig

git clone https://github.com/p-e-w/finalterm.git

cd finalterm/

mkdir build/

cd build/

cmake ..

make

sudo make install

export PKG_CONFIG_PATH=/usr/local/lib/pkgconfig/

#catatan pribadi. (maaf jika tata-bahasa-nya tak beraturan)

hari ini setelah selesai download Fedora 19 Alpha 64bit, aku coba install di laptopku. sebelumnya sudah terinstall PinguyOS 12.04.

karena malas burning ke dvd, akhirnya cari tutorial install langsung dari file iso di harddisk. lumayan ribet juga, tapi akhirnya berhasil juga. setelah edit grub berkali-kali malah berhasil waktu edit langsung entry grub-nya. tambah entry di grub lewat ‘grub-customizer’ di pinguyOS

buat folder ‘fedora’ di root (/dev/sda5) kemudian copy file ‘initrd.img’ & ‘vmlinuz’ ke folder tsb (tentunya file iso-nya juga). waktu booting edit langsung di menu (tekan ‘e’)

set root (hd0,5)

linux /fedora/vmlinuz repo=hd:/dev/sda5:/fedora/fedora19.iso

initrd /fedora/initrd.img

proses install berjalan lancar, wLAN & bluetooht terdeteksi, cuma brightness layar tidk bisa diatur.

perintah yang memerlukan sudo perlu sedikit tambahan. mesti masuk dulu ke akun root:

su –

echo ‘username ALL=(ALL) ALL’>>/etc/sudoers

#mau install flash-player untuk firefox masih belum berhasil

install flash-plugin ngikutin cara di web ini :[http://www.if-not-true-then-false.com/2010/install-adobe-flash-player-10-on-fedora-centos-red-hat-rhel/], meskipun ga disebutkan utk fedora 19 tapi nekat aja

sumber dari : http://ubuntuforums.org/showthread.php?t=2020719

tampilan output dari “xinput list”

xxx@Aspire-V3-471G:/etc/modprobe.d$ xinput list
⎡ Virtual core pointer                                 id=2    [master pointer  (3)]
⎜   ↳ Virtual core XTEST pointer                id=4    [slave  pointer  (2)]
⎜   ↳ PS/2 Generic Mouse                          id=13    [slave  pointer  (2)]
⎣ Virtual core keyboard                              id=3    [master keyboard (2)]
↳ Virtual core XTEST keyboard              id=5    [slave  keyboard (3)]
↳ Power Button                                      id=6    [slave  keyboard (3)]
↳ Video Bus                                            id=7    [slave  keyboard (3)]
↳ Video Bus                                            id=8    [slave  keyboard (3)]
↳ Power Button                                      id=9    [slave  keyboard (3)]
↳ Sleep Button                                       id=10    [slave  keyboard (3)]
↳ HD WebCam                                       id=11    [slave  keyboard (3)]
↳ AT Translated Set 2 keyboard           id=12    [slave  keyboard (3)]
↳ Acer WMI hotkeys                              id=14    [slave  keyboard (3)]
xxx@Aspire-V3-471G:/etc/modprobe.d$

Melalui cara berikut berhasil, namun belum bisa scrolling

  1. buka Terminal
  2. cd /etc/modprobe.d/
  3. sudo nano options.conf
  4. ketik : options psmouse proto=imps
  5. simpan file dan tutup.
  6. sudo modprobe -r psmouse
  7. sudo modprobe psmouse

edit file /etc/X11/xorg.conf

Section “InputClass”
Identifier “ETPS/2 Elantech Touchpad”
MatchProduct “ETPS/2 Elantech Touchpad”
MatchDevicePath “/dev/input/event*”
Driver “synaptics”
Option “TapButton1” “1”
Option “TapButton2” “3”
Option “TapButton3” “2”
Option “VertTwoFingerScroll” “1”
Option “HorizTwoFingerScroll” “1”
Option “CoastingSpeed” “10”
Option “EdgeMotionMinZ” “30”
Option “EdgeMotionMaxZ” “40”
Option “EdgeMotionMinSpeed” “100”
Option “EdgeMotionMaxSpeed” “400”
Option “FingerLow” “9”
Option “FingerHigh” “12”
Option “EmulateMidButtonTime” “0”
Option “ClickPad” “True”
Option “SoftButtonAreas” “50% 0 82% 0 0 0 0 0”
EndSection

Sudah coba install linuxMint Maya, tetapi gw ga suka dgn transparansi terminal-nya. jadi nunggu pinguyOS release yang 12.04.

setelah release keluar dan selesai download lewat torrent (hampir 4 hari, karena sering di-pause), gw masukkin ke usb (multisystem) dan berhasil di install.

karena laptop gw cuma pake’ sis m672 jadinya cuma dapet resolusi 1204×768 aja. biasanya gw pake cara git yg punya hellnest, tp waktu cari-cari di internet ketemu solusi yg laen; sudah ada yg buat file .deb-nya (klo ga salah orang dari portugese). gw download tuh file dan gw install, BERHASIL!!!. akhirnya dapet resolusi 1280×800 (16:10)

cuma memang agak berat nih pinguyOS, docky sering hilang sendiri dan klo buka nautilus loadingnya ga hilang2 tp secara umum memuaskan karena gw bisa dapet terminal transparan yg klo di drag background-nya smooth.

di harddisk gw sudah ada lucid (sayang banget dihapus) dan openSuse 12.1 jd gw install-in SBM (superboot manager). dari tutorial yg gw dapet mesti ubah source dari precise ke oneiric, tpi ternyata ga diubah pun sudah bisa sekarang. grub2/burg gw jadi keren sekarang 🙂

mau ngilangin entry yg recovery biar lebih bersih jadilah gw install-in grub customizer.

sudo apt-add-repository ppa:danielrichter2007/grub-customizer 
sudo apt-get update 
sudo apt-get install grub-customizer
 

install openSuse 12.1 di laptop yang sudah ada ubuntu-nya.

proses instalasi berjalan lancar, hingga aku reboot ternyata ubuntu lucid-ku tidak ter-detect.

cari-cari info di google ternyata openSuse 12.1 pake’ legacy grub, sedangkan ubuntu sudah grub2.

setelah sini :

su -l
zypper ar http://download.opensuse.org/repositories/home:/please_try_again/openSUSE_12.1/  PTA
zypper refresh -r PTA
zypper in updategrub
updategrub -i


dan lucid berhasil masuk ke grub.

setelah login terpikir untuk menginstall grub2 di openSuse 12.1 mengikuti tutorial di sini, malah ga bisa masuk ke system.

cuma keluar "grub>".

akhirnya booting pake' live-usb pinguyOS 10.04 buat install boot-repair.

masih penasaran dgn grub2 nih ...:-)

untuk menambahkan user baru :
useradd -m namaUser (otomatis membuat home directory buat si user)
passwd namaUser (membuat password untuk user tsb)

untuk menghapus user :
userdel namaUser (hanya menghapus user)
userdel -r namaUser (menghapus user berikut home directory-nya)

melihat semua user & group :
Users – cat /etc/passwd | cut -d: -f1
Groups – cat /etc/group | cut -d: -f1

sumber